Rabu, 11 Januari 2012

Kualitas Komunikasi Internet

Patut disyukuri, walaupun masih tumbuh secara merayap, namun jumlah orang yang terkoneksi ke internet di Indonesia ini dari tahun ke tahun semakin meningkat. Saya kira dunia pendidikan tetap menjadi tulang punggung untuk meningkatkan jumlah pengguna internet di Indonesia.
Pada kenyataannya, internet di Indonesia masih belum banyak digunakan secara optimal. Internet sebagian besar difungsikan untuk mencari informasi. Dalam hal ini, seorang pakar bernama Goldman Sach, menyebutkan bahwa kualitas penggunaan internet dapat dilihat dari sejauh mana layanan yang mampu diberikan oleh internet telah dimanfaatkan oleh penggunanya. Terdapat 6 C, untuk melihat bagaimana kualitas komunikasi internet, yaitu :
  1. connectivity, yaitu kemampuan provider untuk memberikan layanan koneksi internet
  2. context, yaitu kemampuan untuk memberikan layanan terhadap dunia hiburan dan informasi
  3. content, yaitu kemampuan untuk memberikan layanan berbasis text dan grafis
  4. communication, yaitu kemampuan untuk memberikan layanan komunikasi  (phone, chat, voice, video)
  5. community, yaitu kemampuan untuk melayani berbagai kebutuhan komunitas  masyarakat
  6. commerce, yaitu kemampuan untuk melayani berbagai aktifitas transaksi bisnis
Sejalan dengan berbagai kebijakan yang dipicu oleh kesepakatan AFTA,APEC,WTO,  maka kualitas komunikasi internet akan menjadi salah satu sarana utama untuk mengimplementasikan kesepakatan tersebut. Ditengah infrastruktur yang masih berkembang, maka Indonesia punya tantangan besar untuk meningkatkan kualitas komunikasi internetnya. Adanya berbagai lembaga/dewan yang terfokus pada TI seharusnya akan menjadi moment untuk mematangkan infrastruktur dan menyiapkan berbagai kebijakan yang akan mempercepat penguasaan TI pada berbagai lapisan masyarakat.
Menurut informasi, negara yang relatif lebih muda dari Indonesia, seperti vietnam dan kamboja, ternyata memiliki percepatan TI yang sangat mengesankan bila dibandingkan dengan Indonesia. Berasnya vietnam sudah kita import, jangan-jangan sebentar lagi tenaga TI-nya pun kita impor pula.
sumber : http://prayudi.wordpress.com/2007/05/04/kualitas-komunikasi-internet/

0 komentar:

Posting Komentar