Rabu, 11 Januari 2012

Alat komunikasi populer dalam jaringan komputer

Perkembangan komunikasi dalam dunia jaringan komputer tumbuh demikian pesat dan mengagumkan. Dunia seolah tanpa batas negara, semuanya adalah satu, terhubung dalam sebuah jaringan. Berikut merupakan alat komunikasi populer yang sering digunakan dalam jarkom.

Instant Messaging

Dapat diartikan sebagai pesan instan, merupakan sebuah bentuk komunikasi real time antara dua orang atau lebih berbasis text yang diketikkan. Pesan teks disampaikan antara dua komputer atau lebih yang terhubung dalam sebuah private network atau public network( internet ). Saat ini instant messaging juga sudah mendukung pengiriman gambar atau video atau file. Contohnya adalah yahho messenger, gtalk, dll

Weblog (blog)

Secara sederhana, adalah halaman web yang mudah diupdate dan diedit. Weblog memberikan arti lebih bagi siapa saja yang mau mengeluarkan ide atau gagasan yang mereka miliki ke audience global tanpa memerlukan pengetahuan tentang web design. Dalam perkembanganya weblog sering juga digunakan sebagai sarana mencari penghasilan dari internet.

Wiki

Merupakan sebuah halaman web dimana, sekelompok orang dapat mengubah atau melihatnya secara bersama-sama. Hampir sama dengan blog yang lebih mengarah ke personal web (walaupun sekarang satu blog bisa multi user). Salah satu contoh public wiki adalah wikipedia, yang mana sudah menjadi sebuah ensiklopedia online.

Podcasting

Media yang berbasis audio dimana kita bisa merekam audio dan dan melakukan konversi, sehingga bisa digunakan di ipod. File audio yang direkam disimpan di dalam web, orang lain bisa mendownloadnya, dan memainkannya dikomputer masing-masing.
Nah, sedemikan banyaknya alat komunikasi populer dalam dunia jarkom, anda dapat mengembangkannya lagi.

0 komentar:

Posting Komentar