Unit yang paling penting adalah CPU (Central Processing Unit) yang  mengendalikan semua unit sistem komputer yang lain, dan mengubah input  menjadi output.
CPU mencakup satu unit penyimpanan yang disebut PRIMARY STORAGE, yang  berisi data yang sedang diolah, yaitu suatu daftar instruksi yang  mengolah data.
Istilah Software digunakan untuk menggambarkan satu atau beberapa program aplikasi.
Control Unit, membuat unit bekerja sama untuk membentuk suatu sistem.
Aritmatic Logical Unit, tempat berlangsungnya operasi perhitungan dan logika.
Nama Processor, digunakan untuk menggambarkan isi Control Unit dan ALU yang mengolah isi “Penyimpanan Primer”.
Karena Penyimpanan Primer terbatas kapasitasnya, diperlukan suatu area  penyimpanan tambahan, yang disebut dengan “Penyimpanan Sekunder”, yang  menyediakan tempat untuk menyimpan program dan data saat tidak  diperlukan.
Program yang disimpan Software Library.
Data yang disimpan Database.
Hasil pengolahan tersebut dicatat oleh Unit Output.
BENTUK PENYIMPANAN PRIMER
1. R.A.M (Random Access Memory), untuk menyimpan software dan data.  Memungkinkan operasi baca maupun tulis, tetapi juga disebut VOLATILE,  isinya hilang saat listrik dimatikan.
2. R.O.M (Read-Only Memory) , jenis khusus penyimpanan primer yang dapat  dibaca tetapi tidak dapat ditulis. R.O.M menyimpan material seperti  instruksi-instruksi yang memberitahukan komputer, apa yang harus  dilakukan saat dinyalakan. Bersifat NON VOLATILE, isinya tidak terhapus  saat listrik dimatikan.
3. Cache Memory, perpindahan instruksi program dan data antara  Penyimpanan Primer dan Processor (Control Unit dan ALU) dicapai pada  kecepatan yang sangat tinggi. Sejumlah komputer mampu mencapai kecepatan  yang sangat tinggi dengan menyertakan RAM khusus yang sangat cepat dan  sangat mahal yang ditempatkan antara RAM biasa dan Processor. RAM jenis  ini dikenal dengan istilah Cache Memory.
ALAT - ALAT INPUT
1. Unit input yang paling popular adalah Keyboard.
2. Alat Penunjuk (Pointing Device) :
o Mouse ; suatu alat kecil dan ringan yang pas dengan telapak tangan. Dihubungkan ke komputer dengan suatu kabel.
o Track Ball ; suatu alat penunjuk yang serupa dengan mouse kecuali  bolanya berada diatas dan bukan dibawah. User dapat menggerakkan kursor  hanya dengan memutar bola tanpa memindahkan seluruh alat tersebut.
o Touch Screen ; memungkinkan user memasukkan data atau instruksi hanya  dengan menyentuh satu lokasi dilayar dengan menggunakan jari.
o Light Pen ; digunakan untuk menunjuk layar seperti pada touch screen.  Saat pena digerakkan, suatu sinyal elektronik dikirimkan melalui kabel  ke komputer sehingga sinyal tersebut dapat diinterpretasikan oleh  program.
o Remote Control ; user dapat berkomunikasi dengan komputer seperti kita mengatur TV dengan menggunakan remote control.
3. Alat Pembaca Optis
Alat input yang membaca data dengan menyinari sinar terang diatas data. Co. : Scanner Barcode.
4. Alat Pembaca Magnetis. Co. ATM.
5. Alat Input Pengenal Suara
Memasukkan perintah atau data ke komputer dapat dilakukan hanya dengan  berbicara kedalam mikrofon yang dihubungkan pada unit pengenal suara,  kemudian menganalisis pola suara dan mengubahnya menjadi bentuk digital  untuk diproses.
Gambar 1. Berbagai cara memasukkan data input ke dalam komputer
ALAT – ALAT OUTPUT
Hasil akhir dari pemrosesan komputer berupa Output.
1. Alat Output Tampilan ;
Yang paling popular bagi user adalah Monitor. Monitr digunakan oleh komputer semua ukuran.
2. Alat Ouput Cetakan ;
Printer menghasilkan output salinan kertas.
3. Alat Output Suara ;
Speech Output Unit dapat memilih serangkaian suara digital untuk  membentuk output komputer bersuara yang dapat langsung ditransmisikan  melalui saluran komunikasi.
4. Plotter ;
Alat output khusus ini dirancang untuk user yang membutuhkan output  grafik. Output grafik membutuhkan perangkat keras yang sesuai. 3 jenis  alat yang dapat menghasilkan output grafik : Printer, Plotter, Monitor.
Alat input dan output menyediakan hubungan komunikasi anatara manajer  dan komputer untuk memecahkan masalah guna pengambilan keputusan yang  efektif dan efisien.
Gambar 2. Berbagai cara menghasilkan output komputer
SOFTWARE
1. System Software ; melaksanakan tugas-tugas dasar tertentu yang dibutuhkan user.
a. Sistem Operasi, mengelola proses komputer yang berfungsi sebagai interface antara user, software dan hardware.
b. Program Utility, memungkinkan user untuk mengcopy, menghapus,  mengurutkan isi file, menggabungkan 2 file atau lebih dan mengendalikan  arus data antara user dan komputer.
c. Language Translator,
 Bahasa generasi pertama (Bahasa Mesin) ;
Program ini dalam bahasa pemrograman dan diterjemahkan kedalam bahasa mesin sebelum dijalankan.
Program yang ditulis (Source Program).
Program yang dijalankan (Object Program).
Software yang menterjemahkan Source menjadi Object disebut Translator.
 Bahasa generasi kedua (Assembler) ;
Kelemahannya : berbeda-beda untuk setiap jenis CPU, jadi jika suatu  perusahaan ingin mengganti komputer denga yang baru, semua program harus  ditulis ulang.
 Bahasa generasi ketiga (Compiler dan Interpreter) ;
Yang populer : COBOL, FORTRAN dan BASIC.
Compiler menghasilkan program dalam suatu object program lengkap dalam  satu proses, lalu dijalankan. Contohnya bahasa pemrograman COBOL.  Interpreter sebaliknya, menterjemahkan instruksi bahasa sumber dan  melaksanakannya sebelum berpindah ke instruksi selanjutnya.
Program Basic yang sering diterjemahkan Interpreter.
 Bahasa generasi keempat (4th GL) ;
Bersifat user friendly sehingga memberikan kemudahan bagi user.
2. Software Aplikasi ; membantu pengelolaan sumber daya fisik dan konseptual. Hal ini ditempuh dalam 2 cara, yaitu :
a. Membuat program sendiri (custom programming), Sebagisn besar  perusahaan yang menggunakan komputer besar memiliki staf spesialis  informasi sendiri. Tugas para spesialis ini merancang system berbais  computer yang memenuhi kebutuhan unik perusahaan. Produk mereka adalah  koleksi perangkat lunak (software library) dari program pesanan (custom  program).
b. Membeli paket jadi (prewritten package).Contoh : Groupware, sistem  surat elektronik, sistem manajemen proyek, paket analisis statistic  & perkiraan (forecasting), word processor, spread sheet elektronik,  paket2 grafik dan sistem desktop publishing.
Walaupun sistem berbasis komputer tidak kebal terhadap kesalahan,  akurasi tingkat tinggi dapat dicapai dengan memasukkan pencegahan,  pendeteksian, perbaikan kesalahan.
Software aplikasi merupakan program yang digunakan untuk menyelesaikan  suatu aplikasi tertentu. Beberapa aplikasi disebut general purpose  programs. Secara umum, general purpose programs antara lain :
1. Pengolah kata, adalah program yang menjadikan computer berfungsi  sebagai alat Bantu dalam membuat, mengedit, mengatur, menyimpan dan  mencetak dokumen berupa teks. Misalnya Wordstar, Word Prefect, MS-Word,  AMI PRO dan Chi Writer.
2. Pengolah angka, adalah program yang menjadikan computer berfungsi  sebagai alat Bantu dalam membuat, mengedit, mengatur, menyimpan dan  mencetak dokumen berupa table dan grafik yang merupakan implementasi  dari data yang ada. Misalnya Lotus, MS-Excel, Quattro Pro dsb.
3. Pengolah data, adalah program yang menjadikan computer berfungsi  sebagai alat Bantu dalam membuat, mengedit, mengatur, menyimpan dan  mencetak dokumen berupa informasi hasil pengolahan data. Misalnya Dbase,  FoxBase dan FoxPro.
4. Desktop Publishing, program yang menjadikan komputer berfungsi  sebagai alat Bantu dalam membuat, mengedit, mengatur, menyimpan dan  mencetak dokumen yang terdiri dari gambar, border, grafik dsb.
5. Software telekomunikasi, adalah program yang membantu membangun  hubungan dalam system jaringan komputer. Dalam suatu jaringan komunikasi  data antara dua jenis atau lebih prosesor diperlukan suatu jenis  perangkat lunak yang disebut protokol. Contoh perangkat lunak protokol  adalah TCP/IP, Ethernet, PCNet, PC BBS dll.
6. Software grafis, adalah program yang menjadikan computer berfungsi  sebagai alat Bantu dalam membuat, mengedit, mengatur, menyimpan dan  mencetak dokumen berupa presentasi dsbnya. Misalnya Power Point, Corel  Draw dan Photoshop.
7. Software multimedia, adalah program yang menjadikan computer  berfungsi sebagai alat Bantu dalam membuat, mengedit, mengatur,  menyimpan dan mencetak dokumen berupa gabungan dari data, suara, gambar,  video dan animasi.
sumber :http://rnurinaramadhani.blogspot.com/2011/10/komputer-sebagai-elemen-dalam-sistem.html


0 komentar:
Posting Komentar